BERITA

Program Kampus Merdeka Kampus Mengajar


2021-02-11

Hallo Mahasiswa Mahasiswi S1 Sistem Informasi, 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim meminta mahasiswa semester 5 ke atas di perguruan tinggi negeri dan swasta untuk ikut mengajar siswa Sekolah Dasar (SD) di daerah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar) selama satu semester.

Program Kampus Mengajar, pemerintah menjanjikan bantuan uang kuliah hingga Rp2,4 juta dan biaya hidup sebesar Rp700 ribu per bulan. Tidak hanya itu, mahasiswa juga dapat melakukan konversi matakuliah yang diambil pada semester genap ini sebanyak 12 sks.

Pendaftaran program dibuka mulai 9-21 Februari 2021 melalui laman Kampus Mengajar Kemendikbud. Jika dinyatakan lolos, mahasiswa akan mengikuti pembekalan selama 15-21 Maret 2021.

Sementara kegiatan mengajar berlangsung selama 22 Maret-25 Juni 2021. Mahasiswa akan mengajar selama 6 jam per hari di SD berakreditasi C di daerah 3T yang masih berlokasi dekat domisili mahasiswa pengajar.

Pembelajaran dilakukan secara daring dan luring. Sementara transfer SKS pada perguruan tinggi akan dilakukan 5-11 Juli 2021.

Program ini dibuka untuk mahasiswa dari program studi apapun yang lolos seleksi Kemendikbud dan LPDP dengan IPK minimum 3 dan disarankan memiliki pengalaman organisasi.

Untuk info lebih lanjut, mahasiswa dapat mendownload buku panduan di : https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/kampusmengajar2021

Pengajuan surat rekomendasi untuk mahasiswa bisa melalui :
bit.ly/MahasiswaKM

Surat rekomendasi yang disetujui bisa dipantau melalui :
bit.ly/accMahasiswaKM