BERITA

Seminar Nasional Tantangan E-Commerce Di Indonesia Bersama Todi Adiyatmo


21 Apr 2019

Yogyakarta-Pada tanggal 20 April 2019, bertempat di Ruang Citra 1, program studi S1 Sistem Informasi menyelenggarakan sebuah seminar nasional bertemakan “Tantangan E-Commerce Di Indonesia” bersama Bapak Todi Adiyatmo, beliau adalah seorang Founder Tonjoo, Project Expert Management, dan PHP Expert. Acara yang dimulai pada pukul 09.00 WIB tersebut dibuka dengan sambutan oleh Bapak Mei P Kurniawan, M.Kom selaku wakil dari pengelola prodi S1 Sistem Informasi. Dalam sambutannya beliau menyampaikan kepada para peserta yang umumnya adalah mahasiswa prodi S1 Sistem Informasi untuk memanfaatkan acara tersebut untuk memperoleh ilmu dan pengetahuan dari acara seminar tersebut sebagai penunjang maupun tambahan ilmu diluar perkuliahan.

Setelah acara pembukaan dan sambutan acara inti seminarpun dimulai. Pada presentasinya Bapak Todi Adiyatmo menyampaikan perkembangan dalam dunia e-commerce sudah semakin pesat, oleh karena itu banyak hal yang harus dipersiapkan untuk menghadapi tantangan persaingan e-commerce terutama di Indonesia. Salah satu hal yang harus diperkuat ialah dari segi teknis, hal ini dikarenakan dalam pembuatan sebuah website e-commerce perlu memperhatikan banyak hal diantaranya adalah web maupun servernya mampu melayani konsumen ketika ada event seperti harbolnas dimana jumlah konsumen yang melakukan transaksi bertambah menjadi sepuluh bahkan mencapai seribu kali dibandingkan hari biasa. Beliau juga menyampaikan pentingnya optimasi pada e-commerce yang akan dibangun karena hal tersebut berhubungan dengan kualitas pelayanan terhadap konsumen.

Dalam acara yang berlangsung 3 jam tersebut para peserta yang umumnya adalah mahasiswa prodi S1 Sistem Informasi tampak antusias menyerap ilmu yang disampaikan, hal ini terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan oleh para peserta, mayoritas peserta bertanya dari sisi teknis maupun non teknis. Beberapa pertanyaan yang disampaikan antara lain yang pertama mengenai skill apa saja yang dibutuhkan untuk membangun sebuah e-commerce, yang kedua kendala apa saja yang dihadapi saat e-commerce itu berjalan,  yang ketiga bagaimana strategi untuk menghadapi persaingan e-commerce, dan yang terakhir ialah bagaimana pengurusan pajak dalam transaksi online. Keempat pertanyaan tersebut dijawab secara detail oleh Bapak Todi.

Dengan adanya kegiatan seminar e-commerce ini, program studi S1 Sistem Informasi beraharap agar para mahasiswa yang mengambil konsentrasi e-commerce semakin terbuka wawasannya terkait tantangan pada dunia e-commerce khususnya di Indonesia. Sehingga para mahasiswa dapat mempersiapkan skill dan penunjang lainnya dengan baik.