HALAMAN

Profil Lulusan


Lulusan dari Program Studi Sistem informasi adalah seorang:

  • SCIENTIST
  • PROFESIONAL
  • ENTREPRENEUR
  • ARTIST

Dengan kompetensi utama alumni Sistem Informasi adalah

  • Mampu menghasilkan karya sistem informasi berbasis komputer dan perangkat lunak aplikasi sesuai disiplin ilmu secara bertanggung jawab. Kemampuan pengembangan aplikasi sistem informasi meliputi:
    1. Menganalisis dan merancang aplikasi sistem informasi
    2. Pemanfaatan model base berbasis machine learning
    3. Implementasi rancangan sistem informasi dengan bahasa pemrograman yang sesuai, dengan cara menyusun program sendiri, menggunakan tools yang ada, mengintegrasikan sistem yang sudah ada
  • Mempunyai wawasan dan menguasai pengetahuan komputer serta pemanfaatannya untuk membantu pelaksanaan proses bisnis dan manajemen.
  • Memiliki kompetensi yang mampu bersaing secara global.
  • Memiliki kemampuan memimpin (Leadership).
  • Memiliki jiwa entrepreneur.
  • Profesional dalam disiplin ilmu teknologi informasi dan komunikasi.
  • Memiliki kemampuan kerjasama secara profesional dalam team.

Kompetensi keahlian lulusan Program Studi S1-SI meliputi 3 bidang keahlian berdasarkan konsentrasi, yaitu:

Financial Technology (FinTech)

Sistem Informasi yang dapat mengubah model bisnis dari konvensional menjadi moderat. Fintech bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan secara online, meningkatkan literasi keuangan, dan mewujudkan inklusi keuangan. Dalam implementasinya fintech di indonesia mengarah kepada beberapa jenis yaitu Payment Gateway, Dompet Digital (Digital Wallet), Manajemen Kekayaan (Wealth Management), Pembiayaan Sosial (Social Crowdfunding), Peminjaman (Lending). Dengan Fintech, Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan sistem dengan menerapkan teori-teori akuntansi dan keuangan, merancang serta membangun Sistem Informasi berbasis mobile maupun web yang yang mempertimbangkan desain UI/UX sehingga dapat menyelesaikan permasalahan dalam transaksi jual-beli dan pembayaran secara online untuk mendukung perkembangan ekonomi kreatif. Dasar hukum penyelenggaraan FinTech dalam system pembayaran di Indonesia adalah:

  • Peraturan Bank Indonesia No. 18/40/PBI/2016 tentang Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran
  • Surat Edaran Bank Indonesia No. 18/22/DKSP perihal Penyelenggaraan Layanan Keuangan Digital
  • Peraturan Bank Indonesia No. 18/17/PBI/2016 tentang Uang Elektronik.

Profesi Mahasiswa yang mempelajari konsentrasi ini adalah:

  • Mobile Apps Developer / Programmer
  • Database Administrator (DBA)
  • UI/UX Designer
  • System Analyst
  • Project Manager IT
  • Quality Assurance (QA)
  • Chief Financial Officer (CFO)
  • Chief Technology Officer (CTO)
  • Technopreneurship

Digital Business

Sistem Informasi yang mendukung kegiatan bisnis secara digital, yang mengubah aktivitas bisnis offline menjadi aktivitas bisnis secara online. Bisnis Digital adalah kegiatan bisnis yang memanfaatkan teknologi untuk menciptakan suatu produk atau memasarkannya. Dalam implementasinya bisnis digital tidak hanya terkait dengan penjualan produk perangkat lunak komputer saja. Tetapi semua jenis usaha yang menjual produknya secara online, baik menggunakan website atau aplikasi. Perkembangan bisnis digital merambah pada business intelligence yang melibatkan machine learning, kecerdasan buatan dan blockchain. Melalui Digital Business, mahasiswa akan mampu menghasilkan produk yang terkait dengan transaksi bisnis digital berbasis ekonomi kreatif. Profesi Mahasiswa yang mempelajari konsentasi ini adalah:

  • Web Developer / Programmer
  • Internet Marketer (on-line affiliate marketing)
  • Web Marketing Analytic (on-line strategic)
  • Web Analyst
  • Web Administrator
  • Business Data Analyst
  • UI/UX Designer
  • Technopreneurship

Creative Multimedia

Multimedia adalah suatu sarana (media) yang didalamnya terdapat kombinasi berbagai bentuk elemen informasi, seperti teks, grafis, audio, video maupun animasi sebagai pendukung untuk menyampaikan informasi secara lebih menarik, sebagai media komunikasi interaktif atau sekedar memberikan hiburan bagi target audiens-nya. Adanya trend media yang saat ini semakin memanfaatkan elemen multimedia, memberikan dampak kepada pembelajaran multimedia yang terus berkembang. Elemen multimedia secara fleksibel dapat diimplementasikan pada semua platform mobile maupun website, seperti penggunaan elemen grafis untuk menciptakan sebuah user interface yang memikat, membuat bagaimana sebuah video diambil dan diedit agar dapat memberikan informasi yang menarik, atau bagaimana sebuah media dapat memberikan interaksi kepada penggunanya, dan lain sebagainya. Multimedia kedepannya bahkan dapat digunakan sebagai media komunikasi interaktif dan nyata dengan adanya kombinasi dengan teknologi Augmented Reality dan Virtual Reality. Sehingga, dengan mempelajari Multimedia, Mahasiswa mampu menciptakan produk yang dapat memberikan informasi dengan cara yang kreatif, komunikatif hingga interaktif. Profesi Mahasiswa yang dapat diciptakan melalui konsentrasi ini adalah:

  • Director Of Photography
  • Digital Artists
  • Graphic Designer
  • UI/UX Designer
  • Photo/Videographer
  • Visual Effect Artist
  • Audio/Video Editors
  • 2D/3D Animator
  • Content Creator
  • AR/VR Developer
  • Technopreneurship